Privacy And Policy


Draft T&C SPIN

 

Terakhir diperbarui pada: 11 September 2019

DEFINISI

  1. “Aplikasi SPIN” adalah aplikasi ini yang Anda unduh (download) sehingga Anda masuk pada Halaman ini atau Syarat dan Ketentuan ini, yang saat ini dikenal dengan merek, nama, logo dan/atau tanda yang dikenal dengan “SPIN” atau merek, nama, logo dan/atau tanda lainnya.
  2. “Akun” atau “Akun Anda” berarti identifikasi khusus yang dibuat di SPIN berdasarkan permintaan pendaftaran Anda.
  3.  “Data” atau “Data Pribadi” adalah setiap data, informasi, dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dapat mengidentifikasikan diri Anda, yang dari waktu ke waktu Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada, dan/atau melalui Aplikasi SPIN ataupun melalui komunikasi lainnya yang menyangkut informasi mengenai pribadi Anda, yang mencakup, antara lain; nama lengkap, nomor kartu identitas anda, tanggal lahir, alamat surat elektronik (e-mail), nomor telepon genggam (handphone), termasuk namun tidak terbatas pada; IP address, informasi lokasi, data perangkat Anda, (termasuk namun tidak terbatas pada; nomor IMEI, nama aplikasi yang telah dilekatkan pada perangkat Anda); data yang menyangkut informasi mengenai kegiatan transaksi Anda pada Aplikasi SPIN; dan data lainnya yang tergolong sebagai data pribadi.
  4. “Kami” atau “MTN” adalah PT MNC Teknologi Nusantara, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.
  5. “Layanan” berarti setiap layanan, program, jasa, produk, fitur, sistem, fasilitas dan/atau jasa yang disediakan dan/atau ditawarkan dalam atau melalui Aplikasi SPIN.
  6. “Layanan Pelanggan (Call Center SPIN)” adalah fungsi customer service center untuk Pengguna SPIN yang dapat dihubungi lewat panggilan telepon dan/atau email.
  7. “MNC Group” adalah seluruh perusahaan-perusahaan yang secara langsung maupun tidak langsung di bawah kepemilikan PT MNC Kapital Tbk, beserta afiliasinya.
  8. “SPIN” adalah sistem elektronik (platform) yang dibuat oleh MTN.
  9. SPIN Cash adalah saldo uang elektronik pada Aplikasi SPIN yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi pembayaran yang dapat dilakukan top up (pengisian) saldo yang tersedia.
  10. “Pengguna SPIN” adalah pemilik, orang yang terdaftar, dan/atau pengguna dari Aplikasi SPIN.
  11. “Syarat dan Ketentuan” berarti Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
  12. Top-Up” atau “Pengisian” yaitu pengisian atau penambahan saldo Spin Cash melalui kanal-kanal pengisian oleh pihak ketiga mitra Kami yang tersedia.
  13.  “Transaksi” berarti segala transaksi, kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui Aplikasi, Akun dan/atau Security Code termasuk penggunaan Layanan atau fitur-fitur tertentu dalam Layanan atau Aplikasi SPIN.
  14.  Withdraw” atau “Penarikan” yaitu penarikan saldo Spin Cash atas perintah Pengguna SPIN dengan komunikasi langsung dengan Kami maupun melalui Aplikasi SPIN

 

PANDUAN SINGKAT

Aplikasi SPIN merupakan aplikasi perangkat lunak dimana seluruh instruksi yang Anda lakukan akan berasal dari mobile application atau online.

Aplikasi SPIN dapat dioperasikan melalui HP Android (OS 4.2 ke atas) dan juga iPhone (iOS 8.0 ke atas) dan dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple Store.

Anda akan diminta untuk melakukan otorisasi instruksi dengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan yang berbeda (misalnya Security Code, nama pengguna, password) jika dibutuhkan.

Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang Anda sampaikan dan menentukan apakah Anda telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna Aplikasi SPIN terverifikasi.

Setelah melakukan otorisasi, SPIN akan melaksanakan instruksi sesuai perintah Anda, Anda diwajibkan untuk memastikan tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain.

SPIN memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan terjaga dengan baik. Penggunaan data Anda akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Anda dapat menanyakan atau memberi masukan kepada kami melalui Contact Center Layanan Pelanggan SPIN (1 500 899).

 Aplikasi SPIN menawarkan 2 (dua) jenis klasifikasi pelanggan dengan jenis layanan SPIN atau fitur-fitur layanan yang berbeda. Klasifikasi pelanggan tersebut adalah:

 JENIS PRODUK SPIN BASIC DAN SPIN PREMIER

  1. SPIN Basic

SPIN Basic adalah klasifikasi keanggotaan SPIN yang memungkinkan Anda dapat menikmati fasilitas uang elektronik unregistered(data identitas Pengguna SPIN tidak terdaftar dan tidak tercatat pada Kami) dan SPIN Point. Untuk SPIN Basic, maksimum saldo SPIN Cash adalah Rp 2.000.000 (dua juta Rupiah).

Jika Anda ingin mendapatkan layanan yang lebih dari SPIN, Anda dapat meng-upgrade SPIN Basic anda menjadi SPIN Premium yang memungkinkan Anda dapat menikmati fasilitas uang elektronikregistered, dengan fitur layanan SPIN yang lebih beragam.

Transaksi bulanan SPIN Cash Anda yang bersifat incoming (masuk) tidak dapat melebihi Rp20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah) per bulan kalender.

Jika saldo atau transaksi bulanan SPIN Cash Anda melewati batas tersebut, maka Kami berhak melakukan verifikasi sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, termasuk namun tidak terbatas pada tidak menjalankan perintah transaksi yang Anda sampaikan.

  1. SPIN Premium

SPIN Premium adalah klasifikasi keanggotaan SPIN yang memungkinkan Anda dapat menikmati fasilitas uang elektronik “registered” (data identitas Pengguna SPIN terdaftar dan tercatat pada Kami), SPIN Points, fitur layanan Budgeting, dan fitur layanan lainnya yang dapat Kami tambahkan dari waktu ke waktu.

Untuk SPIN Premium, maksimum saldo SPIN Cash adalah Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah).

Transaksi bulanan akun SPIN Cash Anda yang bersifat incoming (masuk) tidak dapat melebihi Rp20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah) per bulan kalender.

Jika saldo atau transaksi bulanan SPIN Cash Anda melewati batas tersebut, maka Kami berhak melakukan verifikasi sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, termasuk namun tidak terbatas pada tidak menjalankan perintah transaksi yang Anda sampaikan.

Kami perlu Anda memahami bahwa Kami bukan bank. Saldo SPIN Cash Anda bukan merupakan tabungan berdasarkan pengertian hukum yang berkaitan dengan perbankan, tidak tunduk pada program perlindungan oleh Lembaga Penjamin Simpanan dan tidak berhak atas setiap fitur yang umumnya melekat pada rekening bank (seperti bunga, dsb).

 

PENGISIAN (TOP-UP), PENARIKAN (Cash Out) DAN TRANSFER

Pengisian/Top-Up dan Penarikan/Cash Out SPIN Cash Anda dapat dilakukan melalui kanal-kanal yang Kami sediakan, termasuk melalui kanal bank-bank tertentu atau pihak ketiga lain yang Kami informasikan. Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu oleh pihak ketiga terkait.

Anda memahami bahwa Pengisian/Top-Up) yang dilakukan melalui kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu, namun demikian Kami senantiasa berusaha menjaga tingkat layanan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami.

Jika pihak ketiga memungkinkan fitur direct debit dan/atau auto top-up dari sumber dana Anda yang terdapat di pihak ketiga, maka Anda memahami bahwa registrasi atas fitur tersebut akan Anda lakukan langsung dengan pihak ketiga terkait. Tanggung jawab Kami terbatas pada meneruskan instruksi yang Anda berikan kepada Kami terkait aktivitas direct debit dan/atau auto top-up tersebut. Keluhan yang timbul terkait registrasi fitur direct debit dan/atau auto top-up dan autentikasi instruksi di sistem pihak ketiga bukan merupakan tanggung jawab Kami.

Penarikan/Cash Out dan transfer SPIN Cash hanya dapat Anda lakukan maksimal senilai SPIN Cash Anda pada saat akan melakukan Penarikan/Cash Out dan transfer, dikurangi biaya jasa yang berlaku. Kami akan menginformasikan biaya jasa yang berlaku dari waktu ke waktu.

Kami dapat menetapkan nilai minimal Penarikan/Cash Out yang dapat Anda lakukan untuk setiap Penarikan/Cash Out. Kami akan menginformasikan dari waktu ke waktu nilai minimal Penarikan/Cash Out yang berlaku.

SPIN Cash Anda hanya akan kami gunakan untuk memenuhi kewajiban kepada Anda dan merchant. SPIN Cash Anda tidak akan digunakan untuk membiayai kegiatan di luar kewajiban kami kepada Anda dan merchant.

 

SPIN POINTS

  1. SPIN Point adalah program loyalitas pelanggan yang ditujukan bagi Anda juga seluruh Pengguna SPIN.
  2. SPIN Point akan diberikan kepada Pengguna SPIN setiap kali melakukan transaksi atau membeli produk di seluruh Merchant rekanan atau mitra SPIN, akan diberikan setelah dilakukan verifikasi atas transaksi yang dilakukan.
  3. Anda juga dapat menukarkan SPIN Point yang Anda kumpulkan dan miliki (redeem poin) dengan beberapa pilihan penawaran barang, produk, dan diskon yang menarik di setiap Merchant rekanan dan mitra SPIN.
  4. Setiap SPIN Point yang Anda dapatkan tidak dapat ditransfer atau dipindahkan ke Pengguna SPIN lain.
  5. Jumlah SPIN Point yang diberikan dapat berbeda-beda dari setiap merchant rekanan atau mitra SPIN.
  6. SPIN Point juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran sebagai pengganti SPIN Cash.
  7. Kami berhak untuk menarik kembali atau membatalkan pemberian SPIN Point kepada Anda tanpa pemberitahuan sebelumnya apabila; (i) transaksi yang mendasari diberikannya SPIN Point tersebut dibatalkan dan/atau (ii) transaksi yang mendasari diberikannya SPIN Point tersebut terindikasi merupakan suatu tindakan kecurangan atau tindakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

KERJASAMA LOYALTY PROGRAM

Kami memiliki program kerjasama Loyalty Program dengan Produk-Produk MNC Group dan beberapa produk-produk merchant/mitra yang bekerjasama dengan Kami. Pada setiap transaksi yang Anda lakukan untuk produk-Produk MNC Group atau produk-produk merchant/mitra yang bekerjasama dengan Kami, maka Anda akan mendapatkan SPIN Point.

 

 

KEBIJAKAN PRIVASI

SPIN sangat menghormati hal-hal yang berkenaan dengan perlindungan privasi Anda. Oleh karena itu, Kami menyusun kebijakan privasi ini (“Kebijakan Privasi”) untuk menjelaskan kepada Anda bagaimana Kami, mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi Anda dengan persetujuan Anda. Kami hanya mengumpulkan Data yang penting bagi Kami untuk memberikan layanan dari layanan dari Aplikasi SPIN Kepada Anda dan Kami hanya akan menyimpan Data Anda selama dibutuhkan untuk tujuan-tujuan sebagaimana dijabarkan dalam Kebijakan Privasi ini.

 

KEAMANAN DATA

Kami memastikan bahwa Data Anda yang dikumpulkan dan/atau terkumpul oleh Kami akan disimpan dengan aman. Kami akan menyimpan data Anda selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini.

 

PENGUMPULAN DATA PRIBADI

  1. Penyediaan Data Pribadi Anda bersifat sukarela. Namun, jika Anda tidak memberikan Kami Data Pribadi Anda, Kami tidak akan dapat memproses Data Pribadi Anda untuk tujuan yang diuraikan di bawah ini, dan dapat menyebabkan Kami tidak dapat memberikan layanan-layanan atau produk-produk kepada, atau memproses pembayaran-pembayaran dari Anda.
  2. Kami akan mengumpulkan Data Pribadi Anda pada saat Anda membuat Akun atau pada saat lainnya sebagaimana Kami mintakan kepada Anda apabila dibutuhkan dari waktu ke waktu. Pemberian Data Pribadi Anda bersifat sukarela. Namun, Kami memerlukan Data Pribadi Anda untuk dapat melaksanakan tujuan-tujuan penggunaan sebagaimana dimaksud dalam poin di bawah ini.
  3. Kami akan mengumpulkan Data Pribadi Anda setiap kali Anda menggunakan, melakukan akses terhadap Akun Anda pada Aplikasi SPIN, melakukan transaksi, baik dengan SPIN Cash atau SPIN Point melalui Aplikasi SPIN, menggunakan fitur-fitur dalam Aplikasi SPIN.

 

PENGGUNAAN DATA PRIBADI

Kami akan menggunakan Data Pribadi Anda untuk:

  1. mengidenfitikasi penggunaan Anda atas Aplikasi SPIN dan layanan-layanan Kami;
  2. memproses transaksi yang Anda instruksikan dalam Aplikasi SPIN;
  3. memproses dan mengelola SPIN Cash dan SPIN Point Anda;
  4. mencegah, mendeteksi, dan mengatasi terjadinya tindakan kejahatan yang mungkin terjadi dalam penggunaan Aplikasi SPIN termasuk namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), penggelapan, pencurian, money laundering;
  5. mengembangkan, menambah dan menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan Anda;
  6. urusan administrasi Akun Anda;
  7. pelaksanaan riset mengenai data demografis pengguna Aplikasi SPIN;
  8. mengembangkan, meningkatkan, dan menyediakan layanan-layanan Kami, Aplikasi SPIN, dan fitur-fitur di dalamnya SPIN;
  9. pengiriman informasi yang Kami anggap berguna untuk Anda termasuk informasi tentang layanan dari Kami (newsletter) setelah Anda memberikan persetujuan kepada Kami bahwa Anda tidak keberatan dihubungi mengenai layanan Kami;
  10. tujuan administratif internal, seperti; audit, analisis data, rekaman-rekaman dalam database;
  11. berkomunikasi dengan Anda sehubungan dengan segala hal mengenai Aplikasi SPIN, layanan-layanan Kami, promosi dan/atau fitur-fitur daripadanya;
  12. Data Pribadi digunakan untuk tujuan pemasaran internal dan/atau analisis tren untuk kepentingan pemberian layanan oleh MTN atau untuk yang menjalankan iklan, kampanye promosi, pemasaran langsung oleh MTN produk dari MNC Group atau pihak ketiga kepada Pengguna SPIN. Anda setuju untuk menerima materi promosi atau pemasaran langsung lainnya yang akan dikirim oleh Perusahaan dari waktu ke waktu melalui Aplikasi SPIN, e-mail, telepon atau melalui layanan pesan singkat (sms).
  13. menjaga keselamatan, keamanan, dan keberlangsungan Aplikasi SPIN, layanan-layanan Kami, dan/atau fitur-fitur daripadanya.

Sehubungan dengan pengumpulan dan penggunaan Data sebagaimana diuraikan dalam poin-poin di atas dengan menyetujui syarat dan ketentuan Anda menyatakan telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada Kami untuk mengumpulkan dan menggunakan Data untuk tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud dalam poin-poin di atas.

 

PENCABUTAN PERSETUJUAN

Sehubungan dengan huruf l pada poin tentang “Penggunaan Data Pribadi” di atas. Anda berhak untuk meminta Kami untuk berhenti menggunakan Data Pribadi Anda untuk tujuan tersebut. Apabila Anda bermaksud untuk meminta Kami menghentikan penggunaan Data Pribadi Anda untuk tujuan tersebut Anda dapat meng-klik pilihan “unsubscribe” yang ada dalam email atau pesan yang terkait, agar Anda tidak lagi menerima pesan-pesan semacam itu di masa mendatang.

Jika anda ingin mencabut persetujuan yang Kami telah dapatkan dari Anda sehubungan dengan seluruh tujuan-tujuan penggunaan Data Anda sebagaimana diuraikan dalam poin-poin pada Kebijakan Privasi ini, mohon memberitahukan kepada Kami melalui Call Center SPIN di 1500 899.

 

PENGUNGKAPAN KEPADA PIHAK KETIGA

Untuk tujuan pengembangan, peningkatan, perlindungan, ataupun perawatan Aplikasi SPIN dan layanan-layanan Kami lainnya, Kami terkadang diharuskan untuk mengungkapkan Data kepada pihak ketiga. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini Anda menyatakan telah memberikan persetujuan, izin dan wewenang kepada Kami untuk mengungkapkan dan memberikan akses atas Data kepada pihak ketiga untuk tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud dalam paragraf ini. Untuk menghindari keraguan, pihak ketiga sebagaimana dimaksud dalam paragraf ini dapat merupakan, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. perusahaan induk, afiliasi, dan anak perusahaan Kami;
  2. mitra Kami, termasuk pihak-pihak dengan siapa Kami bekerja sama untuk acara-acara, program-program dan kegiatan-kegiatan tertentu;
  3. perusahaan-perusahaan riset pemasaran, manajemen acara, sponsor, dan periklanan;
  4. penyedia layanan, termasuk penyedia layanan teknologi informasi (IT) untuk pekerjaan infrastruktur, perangkat lunak, dan pembangunan; dan
  5. penasihat profesional, auditor eksternal, penasihat hukum, keuangan, konsultan, dan lain-lain;
  6. instansi pemerintah, moneter, pengawas jasa sistem pembayaran, otoritas berwenang lainnya dan pihak ketiga yang secara langsung berkepentingan dalam pemrosesan layanan (termasuk pelaku usaha), sepanjang dimungkinkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sehubungan dengan pengungkapan Data Pribadi kepada pihak ketiga untuk tujuan sebagaimana dimaksud dalam paragraf di atas Kami dengan ini menjamin bahwa Kami akan menjaga keamanan dan kerahasiaan dari Data Pribadi milik Anda yang Kami ungkapkan kepada pihak ketiga tersebut. Selain itu, Kami hanya akan mengungkapkan Data Pribadi yang relevan untuk diungkapkan kepada pihak ketiga tersebut sesuai dengan tujuan pengungkapannya dan Kami tidak akan mengungkapkan Data Pribadi milik Anda tanpa adanya suatu perjanjian kerahasiaan antara Kami dengan pihak ketiga yang menerima Data Pribadi tersebut.

Disamping itu, untuk tujuan lainnya, dalam hal-hal tertentu Kami dapat saja diwajibkan untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada institusi, instansi, lembaga, badan, ataupun pemerintah yang berwenang berdasarkan suatu peraturan perundang-undangan yang berlaku, surat perintah, surat keputusan, ataupun surat putusan yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang, yang mana dalam hal demikian maka Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada Kami untuk mengungkapkan data kepada pihak-pihak tersebut.

Data Pribadi Anda juga dapat diungkapkan kepada pihak ketiga apabila terdapat transaksi perusahaan, seperti; pembentukan perusahaan patungan, penjualan anak perusahaan atau divisi, penggabungan, konsolidasi, pengambilalihan, penjualan aset, ataupun likuidasi.

 

PERMINTAAN AKSES DAN KOREKSI DATA PRIBADI

Pengguna SPIN dapat, kapanpun diinginkan, mengubah atau memperbarui informasi pribadi yang sudah diberikan. Kami menjamin bahwa segala upaya yang wajar akan dilakukan untuk memperbaiki atau menghapus informasi seperti yang dikehendaki Pengguna SPIN. Sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda dapat meminta akses dan/atau meminta koreksi Data Pribadi Anda, dengan menghubungi:

Call Center SPIN di 1500 899

Kami berhak menolak permintaan Anda untuk mengakses dan/atau membuat koreksi terhadap Data Pribadi Anda jika hal tersebut diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

TAUTAN KE SITUS PIHAK KETIGA

Aplikasi SPIN dan situs Kami dapat saja berisi tautan ke situs pihak ketiga. Jika anda memberikan informasi langsung ke situs tersebut, kebijakan privasi dan ketentuan layanan di situs tersebut akan berlaku, dan Kami tidak bertanggung jawab atas kegiatan pengolahan informasi atau kebijakan privasi dari situs tersebut. Kami tidak bertanggung jawab atas pengumpulan, penggunaan, pemeliharaan, pembagian, atau pengungkapan Data Pribadi Anda oleh pihak ketiga tersebut.

 

DATA PRIBADI DARI ANAK DI BAWAH UMUR DAN INDIVIDU LAINNYA

Sebagai orang tua atau wali yang sah, mohon untuk tidak mengizinkan anak di bawah umur (di bawah 21 (dua puluh satu) tahun) yang berada dalam pengawasan Anda untuk memberikan data pribadi-nya kepada Kami. Jika data pribadi tersebut diberikan kepada Kami, Anda dengan ini menyetujui pemrosesan data pribadi anak di bawah umur tersebut dan secara pribadi menerima dan setuju untuk terikat oleh Kebijakan Privasi ini dan bertanggung jawab atas tindakannya.

Dalam keadaan tertentu, Anda mungkin memberikan data pribadi yang berkaitan dengan orang lain (seperti pasangan, anggota keluarga, atau teman Anda) dan dalam keadaan tersebut, Anda berarti mewakili dan menjamin bahwa Anda telah memiliki wewenang dan persetujuan dari pemilik data pribadi tersebut untuk memberikan data pribadi mereka kepada Kami untuk digunakan sesuai dengan tujuan-tujuan diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini.

 

KEAKURATAN DATA PRIBADI

Kami membutuhkan Data Pribadi Anda, salah satunya adalah untuk dapat melakukan pemrosesan transaksi. Oleh karena itu, Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami haruslah seakurat mungkin dan tidak menyesatkan. Selain itu, Anda harus memperbaharui dan memberitahukan kepada Kami apabila ada perubahan terhadap Data Pribadi Anda. Anda dengan ini membebaskan Kami dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim sehubungan dengan kegagalan pemrosesan transaksi pada Aplikasi SPIN yang disebabkan oleh ketidakakuratan Data Pribadi Anda yang Anda berikan kepada Kami.

 

 

 

AKSES TIDAK SAH

Kami bertanggung jawab terhadap Data Pribadi yang Kami kumpulkan dari Anda namun perlu diketahui Anda juga bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Anda dengan tidak akan membiarkan pihak ketiga untuk dapat mengakses Data Pribadi Anda tanpa persetujuan dan sepengetahuan Anda. Sehubungan dengan hal ini, Kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan  PIN Anda yang Anda buat dan gunakan untuk mengakses Data Pribadi Anda dimanapun Anda menyimpan Data Pribadi Anda, termasuk PIN untuk mengakses atau login Aplikasi SPIN Anda. Anda wajib memberitahukan kepada Kami apabila Anda yakin bahwa PIN Aplikasi SPIN Anda disalahgunakan oleh pihak ketiga.

 

PERSETUJUAN TERHADAP KEBIJAKAN PRIVASI

Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini, untuk menggunakan Aplikasi SPIN dan bahwa Anda berusia minimal 21 tahun atau telah menikah dan tidak sedang berada dalam pengampuan.

Dengan berkomunikasi dengan Kami, membuat akun, mendaftar, melakukan registrasi,  menggunakan Aplikasi SPIN dan layanan-layanan Kami, ataupun menggunakan fitur-fitur dalam Aplikasi SPIN berarti Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui seluruh ketentuan yang terdapat dalam setiap poin pada Kebijakan Privasi ini.

Kami dapat

 

KEWAJIBAN PERNYATAAN DAN JAMINAN

Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi SPIN, Layanan, dan/atau sistem (a) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, (b) untuk tujuan yang sah, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktifitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah mengunduh (download) software yang benar untuk perangkat Anda. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan sistem atau Aplikasi SPIN atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Anda.

Anda dilarang untuk menggunakan Layanan, Aplikasi SPIN dan/atau Akun atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktifitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi milik pihak manapun); (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung Virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja Sistem dan/atau Aplikasi.

Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi SPIN atau Akun SPIN serta dilarang untuk melakukan Transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami atau Penyedia Layanan.

Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:

  1. Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak memenuhi syarat ini, Kami berhak untuk sewaktu-waktu untuk men-nonaktifkan atau mengakhiri penggunaan Akun, Layanan dan/atau Aplikasi SPIN, baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya;
  2. Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan Akun serta untuk melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan;
  3. Jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Aplikasi SPIN atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan;
  4. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini Anda dianggap telah membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan serta telah mengerti dan memahami seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini dan karenanya mengikatkan diri secara sukarela untuk tunduk dengan serta melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;
  5. Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka Transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan rekening ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, Transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan MTN dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Anda melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
  6. Seluruh Data Pribadi baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data Pribadi oleh Anda kepada Kami atau pada atau melalui Aplikasi SPIN atau sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
  7. Layanan, Aplikasi SPIN, maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf c di atas;
  8. Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data Pribadi, Akun dan/atau Security Code, dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan Akun kepada orang atau pihak manapun; dan
  9. dalam atau pada saat menggunakan Layanan, Aplikasi SPIN dan/atau Akun, Anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal Anda maupun di negara atau kota dimana Anda berada.

Dengan melaksanakan Transaksi melalui Aplikasi SPIN, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi termasuk komunikasi dan instruksi dalam Aplikasi SPIN dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami, afiliasi, dan rekanan-rekanan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.

 

PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

  1. Layanan disediakan dalam kondisi “as is”atau “apa adanya”. Kami dan bank (dalam beberapa fitur) tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan Layanan, Aplikasi SPIN dan/atau s Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
    1. penggunaan Layanan, Aplikasi SPIN, Akun dan/atau sistem (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;
    2. Layanan, Aplikasi SPIN, Akun dan/atau sistem dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik hardwaremaupun software) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi;
    3. penyediaan Layanan maupun Aplikasi atau kelancaran ber-Transaksi atau penggunaan Akun akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
    4. setiap data Transaksi yang Kami simpan atau tersimpan dalam sistem harus akurat atau terpercaya;
    5. kualitas Layanan atau Aplikasi Aplikasi akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda; dan
    6. tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari sistem, Layanan dan/atau Aplikasi SPIN.
  2. Dalam menyediakan Layanan kepada Pengguna SPIN MTN dapat mengadakan kerjasama dengan pihak ketiga, MTN tidak bertanggung jawab terhadap isi, bentuk, jenis dan/atau ketersediaan dari layanan dari pihak ketiga tersebut maupun hal-hal lain terkait dengan layanan tersebut yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak ketiga. Anda dengan ini mengetahui bahwa Layanan, Aplikasi SPIN, Akun dan/atau sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.

 

  1. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan (a) sistem atau Aplikasi SPIN (atau bagian manapun dari sistem atau Aplikasi SPIN) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau (b) Layanan (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Kami.

  2. Dalam hal tertentu, Kami dapat mengungkapkan informasi mengenai Anda (1) jika kami diminta melakukan hal tersebut menurut hukum atau proses hukum, (2) kepada aparat penegak hukum atau pejabat pemerintah lainnya, atau (3) dalam hubungan dengan investigasi dari dugaan atau tindakan penipuan atau aktivitas ilegal.
  3. Dalam hal adanya kesengajaan atau kelalaian dari Pengguna SPIN, Kami tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:
    1. kehilangan Data;
    2. kehilangan pendapatan, keuntungan atau pemasukan lainnya;
    3. kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan Anda atas Aplikasi, Layanan dan/atau Akun atau atas ketidakmampuan atau kesalahan Anda dalam menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun; atau
    4. tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada MTN, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan yang disengaja atau kelalaian oleh MTN
  4. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari segala klaim dalam bentuk apapun dan dimanapun dalam hal Kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan Transaksi maupun perintah atau instruksi dari Anda melalui Aplikasi SPIN atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Kami termasuk namun tidak terbatas pada (a) segala gangguan virus komputer, (b) sistem trojan horses, (c) komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi SPIN, Layanan dan/atau Akun, (d) layanan atau jasa Internet Service Provideratau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan, dan/atau (e) bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Kami.
  5. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
    1. penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini;
    2. pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi ini yang Anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
    3. penggunaan Aplikasi SPIN, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
  6. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari klaim sebagaimana dimaksud butir 5, 6, dan 7 di atas (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan klaim tersebut).
  7. Anda dengan ini setuju bahwa Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Kami, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
  8. Setelah kejadian yang menyebabkan MTN dan/atau rekanannya tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna SPIN berakhir, maka MTN dan/atau rekanannya akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.
  9. Sebagai Pengguna SPIN, pemilik Akun, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan sandi yang Anda gunakan untuk login dan mengakses Akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan Akun Anda, dan dengan ini Anda membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda.

 

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

  1. Seluruh sistem dan Aplikasi SPIN termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi SPIN yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi SPIN; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi SPIN maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi SPIN.
  2. Anda dilarang untuk dengan cara apapun dan dalam kondisi apapun menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami sebagaimana dimaksud dalam butir 1 di atas, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.

 

MASA BERLAKU DAN PENGAKHIRAN

  1. Perjanjian ini berlaku selama Anda belum melakukan penutupan Akun dan uang elektronik pada SPIN Premium Anda atau Layanan SPIN.
  2. Kami berhak untuk (i) tidak melaksanakan perintah dari Anda, dan/atau (ii) tidak melanjutkan atau tidak meneruskan atau membatasi Transaksi, (iii) menghentikan, menangguhkan atau men-nonaktifkan penggunaan Akun, Layanan atau Aplikasi, dan/atau (iv) menghentikan atau menangguhkan keanggotaan Anda sebagai pengguna Aplikasi, dimana untuk masing-masing kondisi tersebut di atas baik untuk sementara waktu, untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:
  1. berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Kami mengetahui atau menduga telah atau akan terjadi atau dilakukan penggunaan Akun, Security Code/PIN, Aplikasi SPIN dan/atau Layanan untuk tujuan penipuan, tujuan kriminal, aksi kejahatan dan/atau untuk tujuan, alasan, aksi atau aktifitas lainnya yang melanggar hukum atau peraturan perundang-undangan negara Republik Indonesia maupun negara lain;
  2. berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri (a) Kami mengetahui atau menduga terjadi Transaksi yang tidak wajar, dan/atau (b) jumlah Transaksi dengan menggunakan atau melalui Akun dan/atau Security Code/PINdalam satu hari melebihi jumlah atau tingkat kewajaran Transaksi, masing-masing sebagaimana ditentukan oleh Kami;
  3. berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Anda telah melanggar satu atau lebih Syarat dan Ketentuan;
  4. sebagian atau seluruh Data tidak benar, tidak lengkap, palsu, fiktif dan/atau menyesatkan;
  5. alamat email atau telepon yang Anda cantumkan atau gunakan untuk penggunaan Aplikasi SPIN atau Layanan atau untuk melakukan Transaksi telah terblokir;
  6. Anda belum melengkapi proses atau persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Kami sedang melakukan pembaharuan, pemeliharaan, perubahan, up-grade, penyesuaian, penggantian dan/atau tindakan lain atas Aplikasi, Layanan dan/atau sistem (atau bagian manapun daripadanya) dan untuk itu Kami tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun; dan/atau
  8. Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi.
  9. Jika pada saat tersebut masih terdapat sisa Poin di Akun Anda atau jika tidak terdapat Transaksi apapun yang dilakukan dalam atau melalui Akun Anda selama periode 6 (enam) bulan berturut-turut, Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu, memotong atau mendebet saldo dalam Akun Anda untuk pemenuhan seluruh kewajiban pembayaran Anda kepada Kami; dan
  10. Jika pengakhiran Akun SPIN, Layanan atau Aplikasi disebabkan karena pelanggaran yang Anda lakukan atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan, maka sisa saldo pada Akun maksimal senilai kerugian yang kami alami akan menjadi hak MTN dan Anda setuju dan mengikatkan untuk tidak meminta pengembalian, pembayaran, penggantian dan/atau kompensasi dalam bentuk apapun kepada MTN.
  1. Anda dengan ini sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi SPIN dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.
  2. Jika Akun atau Rekening telah berakhir atau ditutup atau jika Layanan atau Aplikasi sudah berakhir atau diakhiri oleh Kami:
  1. Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.

 

HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:

salah satu pihak baik Anda atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);

jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak ketiga (“Arbiter”) sebagai Arbiter untuk menyelesaikan Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua.

proses mediasi oleh Mediator khusus untuk sengketa Para Pihak, Para Pihak dengan ini sepakat menunjuk Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) untuk melaksanakan proses penyelesaian sengketa.

Anda wajib untuk menanggung seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran yang telah atau mungkin Kami keluarkan atau bayarkan dalam rangka penyelesaian Perselisihan (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya, ongkos dan pengeluaran untuk menghadiri sidang arbitrase serta untuk mempersiapkan dan mengajukan segala pembelaan, gugatan, tuntutan, informasi, bukti, keterangan dan/atau dokumen apapun dalam rangka pelaksanaan atau selama proses sidang arbitrase) sampai dengan adanya putusan arbitrase yang final dan mengikat;

Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial. Jika Anda melanggar ketentuan butir (f) ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau PIN dapat sewaktu-waktu diakhiri atau dinon-aktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.

 

KETENTUAN LAIN

  1. Untuk setiap masalah yang berkaitan dengan Transaksi, Layanan dan/atau Akun, Anda dapat meminta bantuan pada atau dari Contact Center atau Layanan Pelanggan SPIN Kami pada nomor [1 500 899]. Anda juga dapat melakukan pengaduan tertulis kepada Kami ke alamat email sebagai berikut [cs@spinpay.id] dengan wajib menyertakan bukti pendukung yang dapat Kami terima untuk penyampaian pengaduan tertulis tersebut.
  2. Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun.
  3. Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.