Responsive image

SPIN Turut Meramaikan QRIS per 1 Januari 2020


23 December 2019 | 03:16

Jakarta - Tepatnya 1 Januari 2020, akan diterapkan QR Code Indonesian Standard (QRIS). Standar QR Code ini digunakan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

Nantinya terdapat 2 metode penerapan QRIS yang mencakup 2 media display. Apa saja? Berikut ini selengkapnya seperti dikutip dari situs Bank Indonesia, Jumat (23/8/2019).

1. Statis

- QR Code dltampilkan melalui stiker atau hasil cetak Iain.

- QR Code yang sama digunakan untuk setiap transaksi pembayaran.

- QR Code belum mengandung nominal pembayaran yang harus dibayar, sehingga memerlukan input jumlah nominal.

2. Dinamis

- QR Code ditampilkan melalui struk yang dicetak mesin EDC/ditampilkan pada layar monitor.

- QR Code yang berbeda dicetak untuk setiap transaksi pembayaran.

- QR Code telah mengandung nominal pembayaran yang akan dibayar.

Rencananya Implementasi QRIS secara nasional dimulai tanggal 1 Januari 2020. Hal ini untuk memberikan masa transisi hingga 31 Desember 2019 untuk mengimplementasikan QRIS secara menyeluruh.

QRIS akan dapat digunakan oleh wisatawan mancanegara pengguna aplikasi QR Code yang menggunakan standar EMVCo untuk bertransaksi di Indonesia guna mendukung sektor pariwisata.

Apa saja persyaratan sebagai penyelenggara QR Code Payment?

Seluruh penyelenggara QR Code wajib memperoleh persetujuan Bank Indonesia untuk menerapkan layanan bebasis QR dengan mengacu pada ketentuan mengenai QRIS yang berlaku.

Syarat utama antara lain kehandalan sistem dan aplikasi, kemampuan mengindentifikasi dan memitigasi risiko, kemampuan melindungi nasabah seperti penyelesalan sengketa yang mudah dan tentunya kemampuan memonitor transaksi di merchant dan nasabah yang mumpuni serta proses Know Your Customer (KYC) pada registrasi nasabah dan merchant yang benar.

 

[Fry]

 

share this :

Recent Post

Responsive image
HUT Ke-30, MNC Group Luncurkan Dompet Digital

JAKARTA - MNC Group melakukan soft launching aplikasi financial technology (Fintech) bernama Smart Payment Indonesia (SPIN). Soft launching tersebut dilakukan pada saat perayaan Hari Ulang Tahun ke-30 MNC Group dalam penyelenggaraan MNC Fest 2019. SPIN merupakan aplikasi uang digital, dompet digital dan transfer uang. Aplikasi ini akan mengintegrasikan semua produk digital MNC ke dalam satu aplikasi super. Pengguna SPIN juga nantinya dapat menggunakan QR Code dari penyedia layanan e-money lain agar dapat mengurangi biaya akuisisi merchant. Pengguna juga tidak perlu bolak-balik memilih aplikasi cukup dengan SPIN saja. Soft Launching SPIN "Kita sedang melakukan trobosan integrasi dengan QR. Artinya nanti QR agar bisa terintegrasi dengan

Responsive image
SPIN Kerjasama dengan TrueMoney

JAKARTA - SPIN, Smart Payment Indonesia, platform aplikasi e-money, e-wallet dan digital remittance yang dibuat MNC Group menandatangani nota kesepahaman dengan TrueMoney, penyedia layanan pengiriman uang domestik milik PT Witami Tunai Mandiri. Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, uang yang dikirimkan melalui aplikasi SPIN dapat diambil secara tunai melalui semua partner pengiriman uang Truemoney, termasuk Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia. Sinergi ini ditandatangani oleh Managing Director SPIN, Jessica Tanoesoedibjo dan Direktur TrueMoney Indonesia, Donny Erfan. Baca Juga: SPIN, Aplikasi Super Fintech yang Dibangun MNC Group Dengan kerjasama ini, SPIN dan TrueMoney dapat mempercepat penetrasi pasar dan memberikan nilai tambah bagi pengguna, yang akhirnya akan

Responsive image
Berbuat Baik dan Wujudkan Sejuta Harapan

Berbuat Baik dan Wujudkan Sejuta Harapan